Selasa, 02 Januari 2018

Peluang Bisnis, Budidaya Strawberry, Bisnis Paling Terjangkau Tapi Menguntungkan.

Budidaya Strawberry, Bisnis Paling Terjangkau Tapi Menguntungkan.

Budidaya Strawberry, Bisnis Paling Terjangkau Tapi Menguntungkan.


Sebagai negara agraris yang membentang sangat luas. Terjun pada bisnis pertanian agar menjadi kaya bukan sebuah hal yang mustahil. Jangan sepelekan bisnis pertanian, karena kesanya yang bergulat hanya dengan lumpur. Bisnis, pertanian ini tidak seberat apa yang biasa di bayangkan kok.
Bisnis pertanian di bidang apa kira-kira ? Ya, bisnis pertanian yang patut dicoba oleh saudara-saudara semua yaitu bisnis pembudidayaan buah strawberry. Bisnis ini selain tak membuat tubuh belepotan terkena lumpur. Juga tak membuat kantong-kantong pemasukan orang yang berbisnis ini menjadi jebol.

Modal awal membudidayakan strawberry sangat kecil. Dibanding dengan budidaya komoditas pertanian lain. Soal, perawatan juga mudah. Dan yang terpenting untung dari berbisnis lumayan besar. Hal ini sangatlah wajar mengingat strawberry saben tahun, pasti harganya selalu naik.
Nah bagi, para calon usahawan, yang berminat untuk membudidayakan strawberry. Ada baiknya melengkapi beberapa syarat berikut terlebih dahulu. Agar budidaya strawberry mu menjadi sukses. Berikut perlengkapan yang harus ada.



Jaring Paranet
Perlengkapan pertama yang harus ada sebelum melakukan budidaya strawberry yaitu tersedianya jaring paranet. Jaring paranet ini berfungsi sebagai peneduh, dan pengurang intensitas cahaya. Agar strawberry dapat tumbuh dengan baik. Jaring paranet difungsikan sebagai pengganti green house, atau bangunan yang terbuat dari kaca untuk menekan biaya pengeluaran.
Jika belum tersedia jaring paranet maka strawberry akan terhambat tumbuhnya. Hal ini disebabkan karena buah Strawberry tidak tahan terhadap cahaya berlebih. Jaring paranet sangat mudah di dapatkan, jaring ini banyak tersedia di supllier, dan distributor di seluruh Indonesia. Tinggal pilih saja distributor, dan jaring mana yang sudah terbukti kwalitasnya.



Bibit Strawberry
Berikutnya yang harus ada yaitu bibit Strawberry. Bibit ini bisa didapatkan melalui pembibitan terapan. Bibit strawberry biasanya ada grade tertentu, paling mahal yaitu grade A.
Sedangkan yang harganya lumayan terjangkau grade B. Perbedaan masing-masing grade bibit strawberry itu terletak pada kecepatan pemanenan, dan jumlah buah yang dihasilkan.
Para petani pemula, sebaiknya pilih yang grade A saja. Karena grade A lebih mudah untuk di budidayakan, dan tak rawan gagal panen.



Ketersediaan Lahan Subur
Ketersediaan lahan harus terpenuhi, agar strawberry bisa tumbuh subur. Pemilihan lahan sebaiknya mengambil tipologi tanah yang banyak mengandung unsur hara tinggi. Unsur hara yang diperlukan agar strawberry bisa tumbuh subur yaitu natrium fosfat, dan kalium.
Sementara PH tanah diusahakan di angka 5. Tidak boleh -7 atau +7. Unsur hara tanah dengan PH ekstrem baik terlalu asam, maupun basa hanya akan membuat buah strawberry menjadi layu. Maka pemilihan tanah yang bagus sangat diperlukan agar buah strawberry bisa dapat tumbuh subur.



Pupuk yang Sesuai
Tidak semua jenis pupuk sesuai digunakan untuk buah strawberry. Pemupukan buah strawberry paling cocok menggunakan pupuk yang memili kandungan bahan kimia unsur Ca rendah.
Para petani sangat disarankan menggunakan pupuk khusus untuk strawberry. Kalau pakai pupuk umum. Ditakutkan kandungan kimia tinggi pada pupuk umum bisa mengakibatkan strawberry terpapar korosif.
Saat melakukan pemupukan juga harus memerhatikan umur buah strawberry. Pemupukan biasanya sering di lakukan pada bulan pertama penanaman dan pertengahan menjelang panen.
Intensitas pupuk yang digunakan juga harus disesuaikan dengan kondisi buah strawberry. Jika strawberry dalam keadaan layu, maka intensitas pemupukan nya lebih sering dibanding dengan buah strawberry yang tidak layu.

Artikel Terkait

1 Comments so far

Untuk lahan tanah, kira2 yang cocok gimana ya??

Peraturan Dalam Berkomentar
1. Jangan Menggunakan Link Aktif, Jika Menggunakan Maka Akan Otomatis Terhapus
2. Bertanya Dengan Sopan
3. No Spam!
Jika Mau Promosi, Silahkan Namun Sewajarnya Saja!
EmoticonEmoticon