Selasa, 02 Januari 2018

Inilah Alasan Logis, Mengapa Pemerintah Indonesia Tidak Memberlakukan Wajib Militer.

Inilah Alasan Logis, Mengapa Pemerintah Indonesia Tidak Memberlakukan Wajib Militer.



Banyak negara-negara di Eropa maupun Asia yang mewajibkan masyarakatnya terlibat dalam latihan wajib militer. Salah satu negara yang diwajibkan ikut kegiatan militerisasi yaitu Korea Utara, Rusia, Korea Selatan, dan masih banyak lagi. Alasan diandaknya kegiatan militer bagi masyarakat sipil yaitu supaya dapat mempertahankan status quo, dan menjaga kedaulatan wilayah supaya tidak di aneksasi oleh negara lain.
Sayangnya wajib militer bagi masyarakat sipil, tidak berlaku di Indonesia. Iya, saudara-saudara tidak berlaku. Jadi bagi para pemuda nan gagah berani, urungkan niatmu saja deh. Jangan harap ikutan pendidikan militer kalau kamu tidak mendaftar pendidikan secara resmi melalui lembaga pelatihan militer.
Kendati demikian. Keputusan Pemerintah Indonesia tidak keliru, ada alasan-alasan khusus mengapa Pemerintah Indonesia tidak memberlakukan kewajiban militer bagi masyarakat sipil. Apa saja alasnya mengapa Pemerintah Indonesia tidak mewajibkan pendidikan militernya. Berikut salah satu alasannya.


Butuh Dana yang Tidak Sedikit
Alasan pertama mengapa tidak ada kewajiban militer bagi masyrakat sipil alasannya karena tidak adanya dana yang memadai untuk memberi insentif pada orang-orang yang dikenai wajib militer. Bayangkan saja penduduk Indonesia jumlahnya lebih dari 250 juta jiwa. Jika usia wajib militer dibebankan kepada orang-orang yang telah berusia 18 tahun ke atas. Maka bisa diduga, orang-orang yang terkena wajib militer bisa sampai 20%.
Maka APBN negara selama satu tahun harus dialokasikan kepada 50 juta orang yang menjalani pendidikan militer. Dana tersebut meliputi uang makan, jaminan kesehatan, jaminan keselamatan, dan segala bentuk insentif lainya. Hal ini jelas membuat Pemerintahan Indonesia kwalahan dalam mendanai program wajib militer dengan jumlah peserta sebanyak itu. Walhasil, tidak tersedianya dana yang cukup inilah. Mengapa pemerintahan Indonesia tidak mewajibkan pendidikan militer bagi warganya.


Indonesia Masih Berada Pada Stabilitas Keamanan yang Baik.
Saat ini Indonesia tidak berada dalam keadaan chaos, atau rawan perang seperti Korea Utara, maupun Korea Selatan. Sehingga pemerintah tidak ada niatan memberlakukan wajib militer bagi masyarakat sipil.
Keadaan chaos yang sedang dilanda Indinesia baru-baru ini justru disebabkan dari kalangan internal. Seperti terorisme, wacana pembentukan negara Islam, atau gerakan separatis seperti Gerakan Papua Merdeka yang memberontak pemerintahan Indonesia.


Militer Indonesia Sudah Sangat Disegani Dunia.
Kebijakan wajib militer bagi masyrakat sipil dinilai tidak perlu. Hal ini lantaran militer Indonesia sudah sangat di segani seluruh dunia. Baik pasukan elit yang tergabung dalam angkatan laut, angkatan darat, maupun angkatan udara. Kebenaran militer Indonesia yang sangat disegani dunia dibuktikan oleh penelitian dari Discovery Channel yang menempatkan militer Indonesia menempati urutan ketiga, saat di survei pada tahun 2008.
Pantas saja, negara-negara sekelas Australia, dan China kadang sangat ketar-ketir saat terciduk mengambil ikan di perairan Indonesia tanpa izin. Rupanya karena mereka takut toh, dengan kekuatan militer Indonesia yang berada pada posisi tiga terbaik dunia.


Nasionalisme Rakyat Indonesia Sudah Sangat Tinggi.
Rakyat Indonesia itu jiwa nasionalisme nya tinggi. Masih ingatkan saat bendera Indonesia dikibarkan terbalik pada gelaran Seagames di Malaysia. Wah, secepat kilat media-media sosial di ributkan dengan ancaman masyarakat Indonesia pada mengajak perang dengan Malaysia. Kendati responya berlebihan. Hal itu cukup menandakan bahwa masyarakat kita sangat tinggi nasionalismenya. Karena masyarakat Indonesia pasti akan membela tanah airnya ketika sedang di serang negara lain inilah mengapa pemerintah Indonesia tidak mewajibkan pendidikan militer bagi masyarakat sipil.


Artikel Terkait

Peraturan Dalam Berkomentar
1. Jangan Menggunakan Link Aktif, Jika Menggunakan Maka Akan Otomatis Terhapus
2. Bertanya Dengan Sopan
3. No Spam!
Jika Mau Promosi, Silahkan Namun Sewajarnya Saja!
EmoticonEmoticon