Selasa, 02 Januari 2018

Beberapa Organisasi Keamanan Militer yang Ada di Indonesia

Beberapa Organisasi Keamanan Militer yang Ada di Indonesia

Beberapa Organisasi Keamanan Militer yang Ada di Indonesia

Sebagai negara yang berdaulat, sudah sepantasnya negeri kita ini memperkuat keamanan negara, dan stabilitas keamanan nasional. Memperkokoh keamanan negara ini sangat di perlukan, mengingat ada banyak sekali ancaman-ancaman dari luar, maupun gerakan dari dalam yang diwakili oleh kelompok separatis untuk memorak-porandakan NKRI.

Gerakan-gerakan dari dalam, atau gerkan separatis pernah mencoba menghancurkan NKRI lewat berbagai gerakan kepartaian, maupun ideologis seperti pemberontakan yang dilakukan oleh PKI, DI/TII, maupun PERMESTA.
Sementara dari luar. Ada perang sengit antara Indonesia dengan Malaysia dari tahun 1954 hingga tahun 1965. Namun, semua gerakan-gerakan tersebut berhasil di halau oleh pihak keamanan. NKRI menjadi tetap terus berjaya lantaran dijaga ketat oleh segenap instansi keamanan yang ada di Indonesia.
Lalu apa saja sih. Instansi keamanan yang ada di Indonesia itu. Berikut kami paparkan, beberapa instansi keamanan di Indonesia yang berhasil mempertahankan NKRI dari bahaya teror, gerakan separatis, dan kejahatan lainya. Inilah beberapa instansi itu.


Tentara Nasional Indonesia (TNI)
Tentara Nasional Indonesia (TNI) memiliki sejarah yang sangat panjang di negeri ini. Sebelum bernama TNI. Pada era Orde Lama, kita mengenalnya sebagai Tentara Keamanan Rakyat (TKR).
Pada saat masih bernama TKR, tugas TKR tidak hanya memberikan jaminan stabilitas keamanan, tetapi juga ikut berpartisipasi dalam ranah legislatif, dan eksekutif. Inilah yang kadang disebut sebagai Dwi Fungsi. Yaitu sebutan bagi TKR yang menjalankan dua fungsi ganda.
TKR kemudian berganti nama menjadi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) di era tapuk kepemimpinan Soeharto. Nama ABRI tidak dapat bertahan setelah Soeharto berhasil di jungkalkan oleh rakyat. ABRI kemudian bertransformasi menjadi TNI hingga sekarang.
Proses transformasi tersebut tidak hanya berhasil mengubah namanya. Tapi sekaligus juga mengubah tugas, pokok, dan fungsinya (tupoksi). Dari tadinya yang menjalankan tugas pertahanan, dan politik. Kini hanya pertahanan, dan responsibility saja.
Peran TNI dalam menjaga keutuhan NKRI sangat besar. TNI beberapa kali tercatat telah menumpas gerakan separatis yang mau merongrong kedaulatan NKRI seperti menumpas PKI, DI/TII, maupun PERMESTA.


Densus 88
Densus 88 merupakan instansi keamanan yang anggotanya di ambil dari instansi kepolisian. Densus 88 berdiri paska peristiwa Bom Bali meledak. Atas instruksi Presiden Megawati, dan kerja sama dengan pertahanan Amerika Serikat Densus 88 kemudian dibentuk, dan dilatih dengan kemampuan sergap musuh layaknya TNI.
Densus 88 memiliki kemampuan penyadapan, berkamuflase, penjinakan bom, hingga melakukan penyergapan kepada target musuh. Densus 88 dikenal sangat handal dalam menjaga keamanan NKRI dari gerakan teror. Beberapa gembong teroris kelas wahid. Seperti Dulmatin, Amrozi, dan Abu Jandal berhasil dilumpuhkan dengan mudah.


BANSER 
Banser merupakan instansi keamanan yang dibentuk oleh organisasi Islam terbesar di Indonesia yaitu Nahdatul Ulama. Banser dikenal telah lama menjaga NKRI dari gerakan separatis. Salah satunya membantu penumpasan PKI di Jawa Timur.


Polisi Republik Indonesia
Polisi Republik Indonesia (Polri) sudah tidak diragukan lagi peranya dalam menjaga kedaulatan NKRI. Polri telah berhasil menghalau gerakan-gerakan separatis di Aceh, maupun di Papua dengan baik. Selain itu, Polri juga telah membantu banyak, jalanya keamanan di Indonesia.
Polri di nilai tegas oleh beberapa kalangan. Ketegasan Polri bisa kita lihat, saat Polri berani mengeksekusi mati gembong pengedar narkoba tanpa ampun. Sebuah tindakan berani, di tengah banyak negara yang menentangnya.




Artikel Terkait

Peraturan Dalam Berkomentar
1. Jangan Menggunakan Link Aktif, Jika Menggunakan Maka Akan Otomatis Terhapus
2. Bertanya Dengan Sopan
3. No Spam!
Jika Mau Promosi, Silahkan Namun Sewajarnya Saja!
EmoticonEmoticon